ANALISIS KINERJA PARKIR PLAZA BALIKPAPAN

Authors

  • Rahmat Universitas Balikpapan
  • Ratih Wulandari Universitas Balikpapan

Keywords:

Parkir, Kebutuhan Parkir

Abstract

Parkir merupakan tempat pemberhetian kendaraan dalam waktu sementara. Masalah parkir merupakan kebutuhan parkir yang lebih besar daripada ruang parkir yang tersedia. Masalah parkir sering kali terjadi di pusat perbelanjaan salah satunya Plaza Balikpapan. Oleh karena itu dilakukan penelitian kebutuhan parkir saat ini dan perkiraan kebutuhan parkir untuk 5 tahun mendatang di Plaza Balikpapan. Untuk dapat mengetahui kebutuhan parkir saat ini menggunakan metode akumulasi maksimum sedangkan untuk perkiraan 5 tahun mendatang menggunakan Metode Eksponensial. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode literatur yang berupa data sekunder.

Dari hasil analisis yang diperoleh untuk kebutuhan parkir roda empat saat ini adalah sebanyak 575 SRP sedangkan ruang parkir yang tersedia adalah 480 SRP. Sedangkan untuk kendaraan roda dua kebutuhan parkir saat ini adalah sebanyak 952 SRP sedangkan ruang parkir yang tersedia adalah 1000 SRP. Sedangkan perkiraan kebutuhan parkir roda empat untuk 5 tahun mendatang adalah sebanyak 769 SRP dan perkiraan kebutuhan parkir kendaraan roda dua untuk 5 tahun mendatang adalah sebanyak 1424 SRP.

References

Alamsyah, A., A. (2005), Rekayasa Lalu Lintas, Erlangga, Jakarta.

Anonim,(1997), Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

Anonim,(2004), Pedoman Survai Pencacahan Lalu Lintas Dengan Cara Manual Pd. T-19-2004-B, Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, Jakarta.

Hobbs, F, D, (1995), Perencanaan dan Teknik Lalu lintas, Terjemahan oleh Ir. Suprapto TM, Msc. Gajah Mada University Press Yogyakarta.

Warpani, S, (1990), Merencanakan Sistem Pengangkutan. Penerbit Bhatara Karya Aksara, Bandung.

Wibowo, S, S, (1997), Rekayasa Lalu lintas, Gajah Mada University, Yogyakarta.

Published

2015-12-22