ANALISIS EXTENSION DECK ANJUNGAN LEPAS PANTAI SEPINGGAN RAJAH

Authors

  • Agus Sugianto Universitas Balikpapan
  • Andi Marini Indriani Universitas Balikpapan

Keywords:

Skid, extension deck, joint, AISC-ASD9, SACS Program

Abstract

Analisis dilakukan terhadap anjungan lepas pantai Sepinggan Rajah, berlokasi di teluk Balikpapan. Merupakan jenis anjungan lepas pantai struktur terpancang pada kedalaman air (-) 150’-6â€. Struktur anjungan lepas pantai Sepinggan Rajah akan ditambah sebuah mesin kompresor dengan dimensi  skid 35’-67/16†´ 12’-0†dan berat total 59.74ton yang ditempatkan pada elevasi (+) 55’-0â€dari muka air rata-rata (cellar deck), maka diperlukan extension deck untuk menempatkan mesin kompresor. Menggunakan metode American Institute of Steel Construction Allowable Stress Design  9th edition (AISC-ASD9) dan menggunakan bantuan program Structure Analisys Computer System (SACS), analisis dilakukan dengan pemodelan geometri struktur dan analisis komputer. Proses dan analisis menggunakan program SACS hingga menghasilkan tegangan yang terjadi pada struktur. Pemeriksaan struktur baja dilakukan terhadap batang yang mengalami kegagalan kemampuan batas layan sehingga diketahui perkuatan yang diperlukan untuk meningkatkan kemampuan batas layan dari struktur tersebut. Perencanaan geometri menggunakan profil baja W24´62 pada batang utama yang berada di bawah skid compressor dengan hasil analisis program ditemukan beberapa batang dengan hasil analisis nilai rasio (unity check) > 0.95 pada join 0009-0200 = 1.10, join 0028-0034 = 1.14, join 0027-0033 = 1.13 dan juga pada join 0003-0005 = 0.98. Berdasarkan AISC-ASD9 nilai unity check maksimum = 0.95, untuk join-join tersebut diperlukan perkuatan pada profil baja dengan menambah luasan penampang baja, menggunakan sistem box plate. Hasil analisis profil baja setelah diberi perkuatan menghasilkan nilai rasio (unity check) < 0.95 (memiliki kemampuan batas layan sesuai peraturan AISC-ASD9) dengan perincian sebagai berikut; join 0009-0200 = 0.64, join 0028-0034 = 0.62, join 0027-0033 = 0.61 dan juga pada join 0003-0005 = 0.75. Berdasarkan perhitungan local flange bending dan local web yielding maka profil baja W24´62 tidak memerlukan pengaku (stiffener) dan kolom masih mampu menahan beban extension deck dan mesin kompresor dengan nilai unity check = 0.94.

References

Agus Setiawan. 2007. Perencanaan Struktur Baja Dengan Metode LRFD. Jakarta: Erlangga.

American Institute of Steel Construction Allowable Stress Design 9th edition (AISC-ASD9).

American Petrolium Institute Recommended Practice for Planning, Designing and Constructing Fixxed Offshore Platform – Working Stress Design (API RP2A-WSD) 21st edition.

Chevron Engineering Standard FFS-5216-A, Structural Welding and Inspection for Offshore Platforms, Application floating & Fixed Platform.

Chevron Enginnering Standard FFS-DU-5217-B, Design of Fixed Platform Structure.

Chevron Engineering Standard FFS-SU-5215-A, Structural Steel & Other Materials for Fixed Offshore Platform.

Chevron Engineering Standard SID-SU-5106, Safety in Design.

Engineering Dynamics, Inc, SACS IV Release 6 Users Manual, 2005.

Gere, J. M. and Timoshenko, S.P., 1997, Mechanics of Materials, PWS Publishing Company.

Hibbeller, R.C, 1999, Analisa Struktur, PT. Prenhallindo.

Hey Sonawan, Rochim Suratman. 2010. Pengantar untuk Memahami Pengelasan Logam. Jakarta: Erlangga.

Leet, Kenneth M., 2011, Fundamentals of Structural Analysis, Mc Graw-Hill.

Mather, Angus (1995). “Offshore Engineeringâ€, Witherby & Company Ltd.

Schodek, Daniel L. 1999. Sruktur. Jakarta: Erlangga.

Published

2016-06-11