EVALUASI RIGID PAVEMENT APRON BANDARA KALIMARAU BERAU DENGAN METODE FEDERAL AVIATION ADMINISTRATION

Authors

  • Rahmat Universitas Balikpapan
  • Mustakim Universitas Balikpapan
  • Risfadiah Universitas Balikpapan

Keywords:

Bandara, Apron, Perencanaan Perkerasan Kaku, Metode FAA (Federal Aviation Administration)

Abstract

Perkerasan pada apron Bandara Kalimarau Berau sebelumnya menggunakan perkerasan lentur (flexible pavement). Mengingat fungsi apron sebagai tempat parkir pesawat dan sebagai tempat pengisian bahan bakar pesawat maka dibutuhkan peningkatan perkuatan struktur apron terhadap beban dan muatan pesawat yang lebih besar serta aman terhadap pengaruh panas blast jet dan limpahan minyak sehingga dilakukanlah rekonstruksi struktur perkerasan apron Bandara Kalimarau Berau menjadi perkerasan kaku (rigid pavement). Penulis merencanakan tebal perkerasan kaku (Rigid Pavement) pada apron Bandara Kalimarau menggunakan metode FAA (Federal Aviation Administration) tanpa tulangan dengan umur rencana 5 dan 10 tahun. Berdasarkan hasil perhitungan desain tebal struktur perkerasan kaku pada apron Bandara Kalimarau Berau menggunakan metode Federal Aviation Administration (FAA) yang dilakukan oleh penulis maka didapat data tebal perkerasan kaku (rigid pavement) dengan umur rencana 10 tahun sebesar 15 inci (38,10 cm) dan dengan umur rencana 5 tahun adalah sebesar 15 inci (38,10 cm).  Tebal perkerasan yang sama pada umur rencana 5 tahun dan 10 tahun  terjadi karena jumlah Annual Departure Equivalent pada umur 5 tahun dan 10 tahun pada pesawat rencana Airbus A300 masing-masing berjumlah lebih kecil dari 1200  (jumlah minimal annual departure pada kurva perencanaan tebal perkerasan untuk dual wheel gear). Sehingga apabila dimasukkan nilai flexural strength, nilai k dan nilai MTOW pada kurva perencanaan tebal perkerasan untuk 5 tahun dan 10 tahun akan menghasilkan tebal perkerasan yang sama yaitu 15 inci (38,10 cm).

References

Bhanot, A Text Book on Highway Engineering and Airport, Chand & Company LTD, New Delhi, 1983.

D. Kosasih, Analisa Kerusakan Retak Lelah Pada Struktur Perkerasan Kaku Landasan Pesawat Udara Dengan Menggunakan Program Airfield, Jurnal Teknik Sipil, ITB, Bandung, 2005.

E. J. Yoder dan M. W. Witczak, Principles of Pavement Design, Edisi Kedua, John Wileys & Sons Inc, New York, 1975.

Federal Aviation Adminisstration, Airport Design AC 150/5300-13A, US. Departement Transportation.

H. Basuki, Merancang Merencana Lapangan Terbang, Penerbit Alumni, Bandung, 1986.

H. Saodang, Konstruksi Jalan Raya, Penerbit Nova, Bandung, 2005.

International Civil Aviation Organization, Aerodome Standards, Edisi Ketiga, 1999.

Pieter Harry Agung Widodo, Analisis Desain Tebal Struktur Perkerasan Kaku Dengan Metode PCA Dan FAA Pada Apron Bandar Udara Adi Sumarmo Surakarta, Skripsi, Teknik Sipil UAJY, 2009.

R. Horonjeff dan Francis X. Mckelvey, Planning and Design of Airport, Jilid I, Edisi Ketiga, terjemahan Budianto Susanto, Penerbit Erlangga, 1993.

Selfia J. Permana, Studi Perencanaan Pengembangan Landas Pacu (Runway) dan Landas Hubung (Taxiway) Bandara Abdul Rachman Saleh Malang, Skripsi, Teknik Sipil FTSP ITS, 2013.

S. Hendarsin, Perencanaan Teknik Jalan Raya, Penerbit Politeknik Negeri Bandung, Bandung, 2000.

Sandhyafitri, Teknik Lapangan Terbang I, Jurnal Teknik Sipil, Universitas Riau, Pekanbaru, 2005.

Published

2016-06-11