ANALISIS SISTEM DISTRIBUSI AIR BERSIH BERDASARKAN PARAMETER DEBIT DAN TEKANAN AIR

STUDI KASUS PERUMAHAN NUSANTARA LESTARI KM. 8 BALIKPAPAN

Authors

  • Martheana Kencanawati Universitas Balikpapan
  • Mustakim Universitas Balikpapan
  • M. Ramdhan Universitas Balikpapan

Keywords:

PDAM Balikpapan, Jaringan Pipa, Tekanan Air, EPANET 2.0

Abstract

Sistem distribusi air bersih umumnya merupakan suatu jaringan pemipaan yang tersusun atas sistem pipa, pompa, reservoir dan perlengkapan lainnya. Dengan sistem pengolahan dan sistem jaringan perpipaan yang ada, PDAM diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat yang ada di Perumahan Nusantara Lestari KM 8. Tujuan penelitian ini adalah diharapkan bisa memberikan kontribusi mengenai analisa jaringan air bersih untuk suatu zona tertentu. Penentuan analisa yang tepat diharapkan masyarakat dapat terlayani dengan baik dalam kebutuhan air bersih untuk tahapan pengembangan di Perumhan  Nusantara Lestari KM.8, melakukan simulasi jaringan pipa distribusi air bersih di Perumahan Nusantara Lestari KM.8 dengan menggunakan software EPANET 2.0, dan membandingkan hasil simulasi jaringan pipa distribusi air bersih dengan menggunakan software EPANET 2.0 dengan hasil perencanaan sistem jaringan pipa distribusi kondisi eksisting saat ini. Dari hasil perhitungan diperoleh kebutuhan rata-rata harian sebesar 2,69 L/detik sudah cukup memadai dengan produksi air IPA Batu Ampar yang memproduksi air 40 L/detik. Berdasarkan hasil simulasi diperoleh nilai tekanan untuk jam puncak pemakaian air yaitu pada pukul 08.00 WITA, dan pressure tertinggi 47,90m sedangkan pressure terendah yaitu -25.88m.

References

Mukti Imron Rosadi. 2011. Perencanaan Pengembangan Sistem Jaringan Distribusi PDAM ikk Durenan Kabupaten Trenggalek. Skripsi Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Damanhuri, Enri. 1989. Pendekatan Sistem Dalam Pengendalian dan Pengoperasian Sistem Jaringan Distribusi Air Minum. Skripsi Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Bandung. Bandung,

Dian Vitta Agustina. 2007. Analisa Kinerja Sistem Distribusi Air Bersih PDAM Kecamatan Banyumanik di Perumnas Banyumanik. Skripsi Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Semarang.

Ardiansyah Jurnal Teknik Pengairan, Analisa Kinerja Sistem Distribusi Air Bersih Pada PDAM di Kota Ternate, Desember 2012

R.K Linsley et. Al. Water Resources Engineering

Peavy Howard S. Enviromental Engeenering McGraw-Hill, Inc hal 341-343, USA, 1985.

Peavy Howard S. Enviromental Engeenering McGraw-Hill, Inc Bab 6 hal. 324-326, USA, 1985.

Bowo. DM. Hidrolika Teknik Penyehatan Lingkungan

PDAM Kota Balikpapan, Laporan, Siteplane, 2015.

Published

2016-12-10