WAKTU KONSOLIDASI DAN PENURUNAN PADA BENDUNGAN LAWE-LAWE PENAJAM PASER UTARA

Authors

  • Rahmat Universitas Balikpapan
  • Hadi Suwanto Universitas Balikpapan

Keywords:

Preloading, Pre-fabricated Vertikal Drains, Waktu Konsolidasi

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk akan diikuti dengan bertambahnya jumlah pemakaian air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sehingga dibangunlah suatu fasilitas yakni Bendungan Lawe-Lawe untuk mencukupi kebutuhan akan air bersih. Fasilitas ini berada di Kelurahan Lawe-Lawe Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Pembangunan fasilitas ini berada di atas tanah yang lunak. Sehingga dapat menimbulkan masalah karena sifat tanah yang lunak cenderung memiliki potensi penurunan konsolidasi yang besar dan waktu yang lama. Agar fasilitas yang dibangun tersebut tidak mengalami kerusakan, maka diperlukan metode perbaikan tanah terutama untuk mempercepat penurunan yang terjadi. Kombinasi antara sistem preloading dengan pre-fabricated vertikal drains (PVD) merupakan salah satu metode mempercepat proses konsolidasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besar penurunan akibat beban preloading dan waktu yang dibutuhkan untuk proses konsolidasi dengan menggunakan sistem preloading dan menggunakan sistem preloading kombinasi PVD. Daerah yang ditinjau dilakukan pada titik BH-4 dan titik BH-3. PVD dipasang dengan pola segitiga dengan jarak 1 m dan kedalaman 10 m. Pada titik BH-4, konsolidasi yang terjadi sebesar 0,209 m dengan lama waktu penurunan 7,89 tahun menjadi 54 hari. sedangkan pada titik BH-3, konsolidasi yang terjadi sebesar 0,649 m dengan lama waktu penurunan 64,13 tahun menjadi 79 hari. Hasil penelitian pada tanah lunak dengan menggunakan sistem preloading kombinasi PVD terbukti mampu mempercepat waktu konsolidasi.

References

Hardiyatmo, H.C. 2006. Teknik Fondasi 1. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Hardiyatmo, H.C. 2007. Mekanika Tanah 2. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Hidayati, Anissa Maria., Dodiek Wirya Ardana, Made., 2008, Kombinasi Preloading dan Penggunaan Prefabricated Vertikal Drain Untuk Mempercepat Konsolidasi Tanah Lempung Lunak (Studi Kasus Tanah Lempung Suwung Kangin), Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Vol. 12, No.02, Fakultas Teknik, Universitas Udayana, Denpasar.

Joseph E, Bowles., Sifat-Sifat Fisis dan Geoteknis Tanah, Erlangga, Jakarta, 1984.

Kh, Sunggono. 1984. Mekanika Tanah. Nova. Bandung.

Wesley, S.P. 1977. Mekanika Tanah. Badan Penerbit Pekerjaan Umum. Jakarta.

Qatrunnada, Nailla. 2011. Studi Perbaikan Tanah Yang Lunak Dengan Sistem Preloading Kombinasi Pre-Fabricated Vertikal Drains Dalam Mempercepat Konsolidasi. Skripsi S1 Teknik Sipil. Fakultas Teknik Universitas Mulawarman. Samarinda.

Published

2016-12-10