ANALISIS MODEL BANGKITAN PERJALANAN PADA PERUMAHAN PALM HILLS KOTA BALIKPAPAN

Authors

  • Rahmat Universitas Balikpapan
  • Hamriani Ryka STT Migas Balikpapan
  • Chandra Hadi Wijaya Universitas Balikpapan

Keywords:

Bangkitan pergerakan, Karakteristik, Analisis

Abstract

Pada dasarnya suatu daerah atau kompleks pemukiman akan membangkitkan perjalanan atau pergerakan yang dapat menambah beban lalu lintas pada jaringan jalan yang ada sehingga nantinya dapat mempengaruhi derajat pelayanan tersebut. Sebagian besar dari wilayah Batakan ini merupakan kawasan perusahaan besar alat-alat berat dan pemukiman penduduk yang dihuni warga dengan banyak aktifitas di luar kawasan pemukiman, diantaranya ke kawasan perkantoran, sekolah, pasar, dan sebagainya. Sehingga menyebabkan timbulnya suatu bangkitan perjalanan. Bangkitan perjalanan ini akan menambah beban lalu lintas pada jalan- jalan utama menuju ke tempat aktifitas masing-masing sehingga akan mempengaruhi tingkat pelayanan jalan yang ada. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik rumah tangga dan karakteristik perjalanan rumah tangga serta memodelkan bangkitan perjalanan di Perumahan PalmHills. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara membagikan kuisioner kepada penduduk. Menganalisis data dengan metode statistik deskriptif uji korelasi dan regresi linear berganda metode langkah demi langkah (stepwise method). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi bangkitan pergerakan pada kawasan Perumahan Palm Hills adalah jumlah anggota keluarga (X1), jumlah anggota keluarga bekerja (X2), dan jumlah anggota keluarga bersekolah (X3). Dan model persamaan bangkitan pergerakan untuk Perumahan Palm Hills adalah Y = 0,732 + 0,344 X1 + 0,694 X2 + 0,372 X3 dengan Nilai Koefisien Determinan (R2) sebesar 54,2% Dan nilai Koefisien Korelasi (R) sebesar 73,6%.

References

Tamin Ofyar. Z. 1997. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Penerbit ITB Bandung.

Isya M. 1998. Model Bangkitan Pergerakan Keluarga Dari Zona Perumahan (Studi Kasus Perumahan Kajhu Aceh Besar), Jurnal Simposium I FSTPT, Desember 1998.

Morlok, Edward K. 1991. Pengantar

Teknik dan Perencanaan Transportasi, Penerbit Erlangga Jakarta

Algifari. 2000. Analisis Regresi (Teori, Kasus, dan Solusi), Penerbit BPFE Yogyakarta.

Harry Patmadjaja. 2002. Pemodelan Bangkitan Pergerakan Pada Tata Guna Lahan Sekolah Dasar Swasta Di Surabaya, Jurnal Teknik Sipil Volume 4 Nomor 2, September 2002.

Lowry I.S. 1964. A Model Of Metropolis Santa Monica.

Alik Ansyori Alamsyah. 2005. Rekayasa Lalu lintas, Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.

Sugiyono, 2002, Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Sudjana, 2002, Metode Statistika, Bandung: Tarsito.

Boediono, Wayan Koster, 2001, Teori dan Aplikasi Statistika dan Probabilitas, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Cornelius Trihendradi. 2005. Step By Step SPSS 13, Analisis Data Statistik, Penerbit Andi Yogyakarta.

Published

2016-12-10