A PENILAIAN KONDISI KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN RIDIG DIKOTA PALANGKA RAYA (STUDI KASUS: JALAN LAMTORO GUNG)

ASSESSMENT OF ROAD DAMAGE CONDITIONS ON RIGID PAVEMENTS IN PALANGKA RAYA CITY (CASE STUDY: LAMTORO GUNG ROAD)

Authors

  • Jhon Frengki Sipayung UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
  • Supiyan Universitas Palangka Raya
  • Robby Universitas Palangka Raya

Keywords:

kerusakan jalan, jenis penangan , Metode Pavement Condition Index, PCI, Road Damage, Type of Handling

Abstract

Kerusakan-kerusakan jalan sering terjadi di Kota Palangka Raya khususnya pada ruas JalanLamtoro Gung yang merupakan ruas jalan dengan klasifikasi jalan kota yang menghubungkan antar pusat permukiman yang ada di dalam kota Palangka Raya. Kerusakan- kerusakan yang terjadi tentu akan berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan pemakai jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kerusakan dan penanganan yang dapat dilakukan sesuai dengan tingkat kerusakan yang diperoleh dengan metode Pavement Condition Index (PCI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa total persentase kerusakan pada ruas Jalan Lamtoro Gung Kota Palangka Raya, antara lain , retak (linear cracking) dengan luas 139,65 m² (9%), tambalan (patching) dengan luas 671,69 m² (46%), remuk (Punchout) dengan luas 16,4 m² (1%),  keausan mortar & agregat (scalling) dengan luas 320,7 m²  (16%), gompal sudut ( spalling corner) dengan luas 169,75 m² (6%), gompal sambungan (spalling joint) dengan luas 191,2 m² (17%).Berdasarkan analisa data didapat untuk nilai PCI jalan Lamtoro Gung adalah 84,88. Dari nilai PCI yang didapat maka ruas jalan Lamtoro Gung termasuk dalam klasifikasi Sangat Baik(Very Good). Sehingga ketentuan kerusakan menurut metode PCI waktu perbaikan maka ruas jalan ini belum diperlukan adanya perbaikan.

 

Road damage often occurs in Palangka Raya City, especially on the Jalan Lamtoro Gung section which is a road segment with a city road classification that connects between residential centers in the city of Palangka Raya. The damage that occurs will certainly affect the safety and comfort of road users. This study aims to identify the type of damage and the treatment that can be done according to the level of damage obtained by the Pavement Condition Index (PCI) method. The results showed that the average type of damage percentage on Jalan Lamtoro Gung Palangka Raya, among others: cracks (linear cracking) with an area of 139.65 m² (9%), patches with an area of 671.69 m² (46%), crushed (Punchout) with an area of 16.4 m² (1%), mortar & aggregate wear (scaling) with an area of 320.7 m² (16%), spalling corner with an area of 169.75 m² (6%), chipped joints (spalling joint) with an area of 191.2 m² (17%). Based on the analysis of the data obtained for the PCI value of Lamtoro Gung Road is 84.88. From the PCI value obtained, the Lamtoro Gung road segment is included in the Very Good classification. So that the damage provisions according to the PCI method of repair time, this road section does not need repairs.

 

References

Direktorat Jendral Bina Marga. (1990). Panduan Penentuan Klasifikasi Fungsi Jalan Di Wilayah Perkotaan. Jakarta. Dinas Pekerjaan Umum.

Direktorat Jendral Bina Marga. (1991). Tata Cara Pemeliharaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement). Jakarta. Dinas Pekerjaan Umum.

Dede Sahbana Hasibuan (2018), “Analisa Kerusakan pada Lapisan Jalan Perkerasan Rigid dengan Metode Bina Marga dan Metode PCI (Pavement Condition Index)”

Muhammad Nurfadhli (2017), “Analisis Kerusakan Jalan Beton di kawasan Industri Kima Makassar dengan metode Pavement Condition Index (Studi Kasus: Jalan Kapasa Raya)”

MKJI. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta: Bina Marga

Downloads

Published

2023-12-26