BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) PADA MASING-MASING SEGMEN RUAS JALAN YOS SUDARSO KOTA PALANGKA RAYA

VEHICLE OPERATING COSTS (VOC) IN EACH SEGMENT OF THE YOS SUDARSO ROAD SECTION IN PALANGKA RAYA CITY

Authors

  • CINDY KIKIT RULIANI CINDY UNIVERSITAS PALANGKA RAYA
  • Robby Universitas Palangka Raya
  • Saloten Universitas Palangka Raya

Keywords:

Biaya Operasional Kendaraan (BOK), kecepatan rata-rata, kondisi jalan, vehicle operational costs, average speed, road conditions

Abstract

Bertambahnya transportasi di kota Palangka Raya saat ini, dimana penambahan jumlah kendaraan tidak diikuti menggunakan fasilitas yang memadai seperti ruas jalan yang mengalami perbedaan karakteristik lebar jalan. Hal ini dapat dilihat di jalan Yos Sudarso, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, terdapat perbedaan karakteristik lebar jalan di setiap segmen yang menyebabkan perbedaan kecepatan kendaraan dan biaya operasional.
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui besarnya kecepatan rata-rata masing-masing segmen, besarnya biaya operasional kendaraan di setiap segmen, dan besarnya perbandingan biaya operasional kendaraan untuk setiap segmen di Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Penelitian ini dilakukan pada jam sibuk dengan memperhatikan kendaraan yang berlawanan, kendaraan sedang menyiangi, kendaraan disiapkan, dan waktu tempuh dalam 6 putaran.
Dari hasil survei diperoleh kecepatan rata-rata maksimum 42,35 km/jam di segmen 1 dan kecepatan rata-rata minimal 30,10 km/jam di segmen 2 dengan menggunakan metode moving car observer. Dengan menggunakan pedoman penghitungan biaya operasional kendaraan bagian I: biaya tidak tetap (Running Cost), Dinas Pekerjaan Umum memperoleh BOK sebesar Rp. 9.138 arah Timur-Barat segmen 1, Rp. 9.252 arah Barat-Timur segmen 1. Rp 9.353 arah Timur-Barat di segmen 2, Rp 9.403 di arah Barat-Timur segmen 2 Jalan Yos Sudarso.

 

The increasing transportation in big cities such as the city of Palangka Raya today, where the increase in the number of vehicles is not followed by adequate facilities such as road segments that experience differences in road width characteristics. This can be seen on street Yos Sudarso, Jekan Raya District, Palangka Raya City, Central Kalimantan, there are differences in road width characteristics in each segment which cause differences in vehicle speed and operating costs. The purpose of this study is to determine the magnitude of the average speed of each segment, the amount of vehicle operating costs in each segment, and the magnitude of the comparison of vehicle operating costs for each segment on Jalan Yos Sudarso, Jekan Raya District, Palangka Raya City, Central Kalimantan. This study was conducted during peak hours noting the opposite vehicle, the vehicle was weeding, the vehicle was prepared, and the travel time was in 6 laps. From the survey results, a maximum average speed of 42,35 km / h in segment 1 and a minimum average speed of 30,10 km / h in segment 2 using the moving car observer method were obtained. By using the guidelines for calculating the operating costs of vehicles part I: non-fixed costs (Running Cost), the Department of Public Works obtained a BOK of Rp. 9.138 in the East-West direction of segment 1, Rp. 9.252 in the West-East direction of segment 1. Rp 9.353 in the East-West direction in segment 2, Rp 9.409 in the West-East direction of segment 2 of Jalan Yos Sudarso.

References

Aprilyani, Santhy S., (2019). Analisa Biaya Kemacetan Kendaraan Pribadi Di Titik Zero Point Manado. Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil Universitas Sam Ratulangi. Sulawesi Utara.

Bolla, Margareth E. (2017). Biaya Kemacetan Ruas Jalan Kota Kupang Dditinjau Dari Segi Biaya Operasional Kendaraan. Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil Universitas Nusa Cendana. Nusa Tenggara Timur.

Departemen Pekerjaan Umum, Pedoman Kontruksi dan Bangunan (2005). Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan Bagian 1 : Biaya Tidak Tetap (Running Cost)

Direktorat Jendral Bina Marga, (2014). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Jakarta

Imanuel, Jose, (2021). Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Akibat Adanya Hambatan Samping (Studi Kasus : Pasar Subuh Jalan Ahmad Yani Palangka Raya). Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil Universitas Palangka Raya. Palangka Raya.

Sriastuti, Dewa Ayu Nyoman. (2015). Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Sebagai Dasar Penentuan Tarif Angkutan Umum Penumpang (AUP). Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil Universitas Warmadewa. Denpasar.

Sukwanti, Tanti Kristina. (2012). Kajian Dampak Perubahan Biaya Operasional Kendaraan ( BOK ) Akibat Pengalihan Arus Lalu Lintas Dari Ruas Jalan Cadas Pangeran Ke Jalur Alternatif. Balai Lalu Lintas dan Lingkungan Jalan Kementrian Pekerjaan Umum. Bandung.

Sumarda, Gede. (2018). Analisis Kinerja Ruas Jalan Dan Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan Pada Ruas Simpang Benoa Square-Simpang Tugu Ngurah Rai. Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil Universitas Ngurah Rai. Denpasar.

Downloads

Published

2023-12-26