KINERJA PELAYANAN TRANSPORTASI ONLINE GO-JEK DI KOTA PALANGKA RAYA

GO-JEK ONLINE TRANSPORTATION SERVICE PERFORMANCE IN THE CITY OF PALANGKA RAYA

Authors

  • Mayang Sari Universtas Palangka Raya
  • Desi Riani Universitas Palangka Raya
  • Desriantomy Universitas Palangka Raya

Keywords:

kinerja pelayanan Go-Jek, Service Performance Go-Jek

Abstract

Go-Jek merupakan salah satu jasa transportasi yang memberikan layanan secara online. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penilaian masyarakat terhadap kinerja pelayanan dari moda transportasi online Go-Jek di Kota Palangka Raya berdasarkan penilaian masyarakat yang pernah menggunakan moda transportasi online Go-Jek dan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil analisis data dari 302, diperoleh Hasil uji analisis deskriptif dari variabel kinerja pelayanan penilaian masyarakat terhadap kinerja pelayanan dapat dilihat dari hasil hubungan korelasi antar variabel pelayanan dan hasilnya berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen.

 

Go-Jek is a transportation service that provides online services. This research was conducted to find out the public's assessment of the performance of Go-Jek's online mode of transportation services in Palangka Raya City based on the assessment of people who have used Go-Jek's online mode of transportation and to find out whether service quality has a positive effect on customer satisfaction. Based on the results of data analysis of 302, the results of the descriptive analysis of service performance variables in public assessment of service performance can be seen from the results of the correlation between service variables and the results have a positive effect on consumers.

References

Amajida, FD. 2016. Kreativitas Digital dalam Masyarakat Risiko Perkotaan: Studi Tentang Ojek Online “Go-Jek” di Jakarta. Informasi Kajian Ilmu Komunikasi. Vol 46. No 1, hal 115-127.

Anto, A. 2019. Kajian Kinerja Pelayanan Moda Transportasi Online Roda DuaWilayah Layanan Kota Samarinda. Kurva S: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Sipil, 1(1), 542-552.

Bruton M.J. 1985. Introduction To Transportation Planning. Hutchinson Technical Education, London.

Eldanari D, Apria Brita P. Gawei, dan Subrata Aditama. (2016). Studi Persepsi Investor Dalam Pembelian Rumah Toko (Ruko) di Kota Palangka Raya. Proteksi (Proyeksi Teknik Sipil). Vol 2 No 1 Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya.

Fatimah, S. 2019. Pengantar Transportasi Ponogoro: Myria Publisher.

Harries, S. 1976. State-of-the-art Review of Urban Transportation Concepts and Public Attitudes. Washington: US Department of Transportation.

Kurnia, S. C. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Pelanggan Gojek di Kota Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Pandesolang, Y. C. 2014. Pengaruh Moda Transportasi Berbasis Aplikasi Terhadap Pilihan Masyarakat Dalam Menentukan Moda Transportasi Dan Dampaknya Terhadap Pendapatan Driver Ojek Oline. Universitas Pamulang.

Putra, K. E. 2019. Studi Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Jasa Angkutan Umum Pada Jalur Utama Dii Kota Palangka Raya, Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Sipil.

Riani, D., & Kumala, P. 2020. Anaisis Kinerja Pelayanan Moda Transportasi Online Di Wilayah Layanan Kota Palangka Raya (Studi Kasus: Taksi Online Grab-Car). Jurnal Teknika: Jurnal Teoritis dan Terapan Bidang Keteknikan, 3(2), 116-126.

Siswoyo, M. 2008. Kebijakan Dan Tantangan Pelayanan Angkutan Umum. Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang (UNNES), 171–180.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.

Tresiya, D. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kenyamanaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Perusahaan Jasa Ojek Online Go-Jek Di Kota Kediri.

Wahju, A. 2003,”Keputusan Menteri Perhubungan No. km. 35 Tahun 2003 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Di Jalan dengan Kendaraan Umum”, Dirjend Perhubungan Darat, 2003.

Wahju, A. 2018. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 118 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Sewa Khusus. Jakarta.

Wells. 1975. Comprehensive Transport Planning, Charles Griffin, London.

Wulandari Anita, A. 2017. Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Transportasi Darat. Skripsi Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-12-26