ANALISIS PENGARUH WAKTU, KECEPATAN, TINGGI MUKA AIR DI HILIR SEKAT KANAL TERHADAP STABILITAS GULING, GESER, REMBESAN DAN GERUSAN DENGAN UJI MODEL FISIK

ANALYSIS OF THE EFFECT OF TIME, VELOCITY, DOWNSTREAM WATER LEVEL OF CANAL BLOCKING ON THE STABILITY OF OVERTURNING, SLIDING, SEEPAGE, AND SCOURING BY PHYSICAL MODEL TEST

Authors

  • Rahmadi Universitas Palangka Raya
  • Haiki Mart Yupi Universitas Palangka Raya
  • I Made Kamiana Universitas Palangka Raya

Keywords:

Lahan Gambut, Model Fisik, Sekat Kanal

Abstract

Kebakaran hutan dan lahan gambut menjadi bencana serius yang harus dihadapi hampir setiap tahun pada musim kemarau. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan upaya pemulihan lahan gambut dengan membangun infrastruktur pembasahan lahan gambut yaitu sekat kanal dengan tujuan menjaga lahan gambut tetap basah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu, kecepatan, dan tinggi muka air terhadap stabilitas geser, guling, rembesan dan gerusan pada model fisik sekat kanal. Metode/ teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Penelitian ini memodelkan bentuk prototipe ke dalam bentuk model fisik sekat kanal menggunakan 3 Skema variasi dengan menggunakan skala distorsi yaitu skala horizontal 1:20 dan skala vertikal 1:10. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tidak terjadi perubahan geser dan guling pada sekat kanal, akan tetapi masih terjadi rembesan. Seiring bertambah lama waktu pengujian maka nilai debit rembesan yang terjadi akan semakin mendekati ketinggian muka air pada bagian hulu sekat kanal. Selain itu, kecepatan, dan waktu juga mempengaruhi besar kecilnya nilai gerusan, semakin lama waktu pengujian dan semakin besar kecepatan aliran maka semakin besar nilai gerusan yang terjadi pada bagian hilir sekat kanal.

 

Forest and peatland fires are serious disasters that must be faced in the dry season almost every year. To overcome this problem, efforts were made to restore peatlands by building peatland wetting infrastructure, namely canal blocking to keep peatlands wet. This study aims to determine the effect of time, speed, and water level on the stability of shear, rolling, seepage, and scouring in the physical model of canal blocking. The methods/ techniques used for data collection are observation and documentation. This study models the shape of the prototype into the form of a physical model of the canal blocking using 3 variation schemes using distortion scales, namely the horizontal scale of 1:20 and the vertical scale of 1:10. The test results showed that there were no changes in shear and roll in the canal bulkhead, but there was still seepage. As the test time increases, the seepage discharge value that occurs will be closer to the water level upstream of the canal blocking. In addition, speed, and time also affect the size of the scour value, the longer the test time and the greater the flow speed, the greater the scour value that occurs downstream of the canal blocking.

Author Biographies

Haiki Mart Yupi, Universitas Palangka Raya

Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya

I Made Kamiana, Universitas Palangka Raya

Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya

References

Alfarisyi, H., Sutikno, S. dan Rinaldi, 2020. Analisis Pembasahan Lahan Gambut Akibat Pembangunan Sekat Kanal (Studi Kasus: Desa Lukun, Kabupaten Kepulauan Meranti). Jurnal Teknik, 14 (1), pp. 1-8.

Arlendo, R., Yupi, H. M., dan Kamiana, I. M. (2023). Analisis Pengaruh Waktu Terhadap Rembesan dan Gerusan Pada Sekat Kanal Bentang 25 Meter Dengan Uji Model Fisik. Jurnal Gradasi Teknik Sipil, 7 (1), 7-17.

Baru, F. H., dan Nahan, A. R. (2018). Kajian Stabilitas Konstruksi Sekat Kanal di Lahan Gambut dengan Uji Model Fisik Hidraulik. Jurnal Perspektif Arsitektur, 1 (13), 1-15.

Ervina, Yupi, H. M., dan Nindito, D. A. (2023). Uji Model Fisik Stabilitas Bangunan Sekat Kanal Bentang 5 Meter dengan Material Konstruksi Terbuat dari Kayu . Basement Jurnal Teknik Sipil, 1 (1), 1-9.

Hanafi, I., Yupi, H. M., dan Kamiana, I. M. (2023). Pengaruh Kecepatan Aliran Terhadap Gerusan pada Sekat Kanal dengan Saluran 5 Meter. Basement Jurnal Teknik Sipil, 1 (1), 1-8.

Hardiyatmo, H. C. (2010). Analisis dan Perancangan Fondasi Bagian II. Yogyakarta: Gadjah Mada University press (GMUP).

Nyagin, R. A., Yupi, H. M., dan Nindito, D. A. (2023). Pengaruh Tekanan Hidrostatis Terhadap Debit Rembesan Sekat Kanal Berkonstruksi Beton pada Lahan Gambut . Basement Jurnal Teknik Sipil, 1 (1), 1-9.

Prabandini, G., 2016. Pengukuran Konduktivitas Hidrolik Gambut. Skripsi. Bogor: Departemen

Putri, R. A., Rinaldi dan Sutikno, S., 2019. Analisis Pengaruh Penyekatan Kanal Terhadap Pembasahan di Lahan Gambut (Studi Kasus: Desa Lukun, Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti). Jom FTEKNIK, 6 (2), pp. 1-8.

Suryadiputra, I. N., Dohong, A., Waspodo, R. S., Muslihat, L., Lubis, I. R., Hasudungan, F., dan Wibisono, I. T. (2005). Panduan Penyekatan Parit dan Saluran di Lahan Gambut Bersama Masyarakat. Bogor: Wetlands International - Indonesia Programme.

Triatmodjo, B., 1993. Hidraulika II. Yogyakarta: Beta Offset.

Utami, A. M., Yupi, H. M., dan Nindito, D. A. (2022). Uji Eksperimental Pengaruh Kecepatan Aliran dan Tinggi Muka Air Terhadap Stabilitas pada Model Fisik Sekat Kanal yang Terbuat dari Material Beton. Buletin Profesi Insinyur, 5 (2), 089-094.

Published

2024-06-20