ANALISIS KINERJA PROYEK PEMBANGUNAN SIRING SDN 037 PENAJAM

Authors

  • Hamriani Ryka STT Migas Balikpapan
  • Irna Hendriyani Universitas Balikpapan

Keywords:

Metode Earned Value Analysis, BCWS, BCWP, ACWP, CPI, SPI, SV, CV

Abstract

Proyek Pembangunan Siring SDN 037 Penajam dengan waktu penyelesaian pekerjaan selama 80 hari kalender pada kenyataannya di lapangan pelaksanaan pekerjaan belum selesai, sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan. Langkah yang diambil untuk penyelesaian proyek yaitu membuat suatu metode pengendalian manajemen proyek, yaitu pengendalian waktu dan biaya. Metode yang digunakan untuk mengevaluasi terhadap kinerja kontraktor pelaksana dari awal pelaksanaan pekerjaan Proyek Pembangunan Siring SDN 037 Penajam sampai proyek tersebut selesai dengan menggunakan metode Earned Value Analysis (EVA) dengan tiga indikator BCWS (Budget cost of work schedule), BCWP(Budget cost of work performed) dan ACWP (Actual cost of work performed). Dan Analisa Varians CV (Cost Varians), SV (Schedule Varians),CPI (Cost Performance Index) dan SPI (Schedule Performance Index). Berdasarkan hasil perhitungan realisasi, waktu pelaksanaan proyek lebih lambat dari jadwal rencana. Jadwal rencana 11 minggu dan waktu pelaksanaan 15 minggu. Dengan nilai CPI 0,36 dan SPI 0,83 menunjukkan biaya pelaksanaan proyek lebih kecil dari anggaran rencana dan waktu pelaksanaan lebih lambat dari jadwal rencana.

References

Soeharto, Imam., 1995. Manajemen Proyek dari Konseptual sampai Operasional Jilid 1, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Soeharto, Imam., 1997. Manajemen Proyek. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Soeharto, Imam., 1999. Manajemen Proyek dari Konseptual sampai Operasional. Jilid 2, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Frailey, D. J., 1999. Tutorial on Earned Value Management Systems, Jurnal.

Cioffi, D. F., 2005. A Scientific Notation and An Improved Formalism For Earned Value Calculations, Skripsi, United States.

Henderson, Kym., 2007. A Breakthrough Extension to Earned Value Management, skripsi, Sydney Australia.

Husen, Abrar., 2010. Manajemen Proyek ED Revisi. Yogyakarta: Penerbit CV. Andi Offset.

Dannyati Eka, Optimalisasi Pelaksanaan Proyek Dengan Metode PERT dan CPM, Semarang, 2010.

Sapras, 2015. Surat Perjanjian Kerja (Kontrak) Pekerjaan Pembangunan Siring SDN 037 Penajam. Penajam Paser Utara: Disdikpora.

Sapras, 2015. Laporan Fisik Pekerjaan (Progress) Pekerjaan Pembangunan Siring SDN 037 Penajam. Penajam Paser Utara: Disdikpora.

Published

2016-12-10