ANALISIS PENGOLAHAN AIR BERSIH PADA WTP PDAM PRAPATAN KOTA BALIKPAPAN

Authors

  • Martheana Kencanawati Universitas Balikpapan
  • Mustakim Universitas Balikpapan

Keywords:

Pengolahan, Proses Air Bersih

Abstract

Air merupakan kebutuhan hidup yang sangat vital bagi kehidupan semua makhluk hidup. Seiring dengan perkembangan peradaban dan pertumbuhan penduduk, pencemaran dan pengotoran terhadap air juga bertambah. Padahal kualitas air tersebut merupakan hal yang sangat penting karena berhubungan dengan kesehatan manusia. Untuk itu dibutuhkan suatu pengolahan air yang tepat agar kualitas air minum dan air bersih dapat terpenuhi. Teknik bahasan ini dititik beratkan pada proses pengolahan air bersih mulai dari air baku yang diambil dari sumur bor sehingga menjadi air bersih yang dapat dipergunakan oleh pelanggan. Tujuan utama penulisan laporan ini untuk mengetahui bagaimana proses pengolahan air bersih pada PDAM IPA Prapatan. Dari hasil pengamatan diperoleh  : 1. Pengambilan air baku diambil dari sumur dalam (bor) sebanyak 2 sumur. 2. Air dialirkan ke cooling tower lalu dialirkan ke bak koagulan untuk proses pencampuran bahan kimia. 3. Kemudian dialirkan ke bak DAF dimana akan terjadinya proses flokulasi dan flotasi yang membentuk floc. 4. Proses filtrasi yang dilakukan pada filter untuk menyaring kotoran-kotoran kecil yang terdapat pada air. 5. Penyimpanan air hasil pengolahan di reservoir. 6. Pendistribusian air ke pelanggan. Proses pengolahan air bersih pada PDAM Prapatan  mengikuti standar yang ditetapkan pada PERMENKES RI No. 492/MENKES/PER/IV/2010.

References

Meidhitasari, 2007. Evaluasi dan Modifikasi Instalasi Pengolahan Air Minum Miniplan Dago Pakar, Tugas akhir S1, Prodi Teknik Lingklungan, ITB

Ince, Margaret and Guy Howard. 1999. Developing Realistic Drinking-Water Quality Standards, 25thWEDC ConferenceIntegrated Development for Water Supply and Sanitation, Addis Ababa, Ethiopia.

Sutrisno, C Totok, 2000. Teknologi Penyediaan Air Bersih. Jakarta : Rineka Cipta.

Linsley, Ray, K. & Franzini, JB., 1989. Teknik Sumber Daya Air. Jakarta : Erlangga.

Suyono, 1993. Pengelolaan Sumber Daya Air. Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Salim, E 1986. Baku Mutu Lingkungan. KLH, Jakarta.

Karsidi, 1999. Hubungan Antara Tingkat Pendidikan dan Pendapatan dengan Penggunaan Air Sungai oleh Penduduk di Sekitar Sungai Kali Jajar Demak. Semarang : Skripsi.

Suparmin, 2000. Study Air Tanah Bebas Untuk Air Minum Penduduk di Kelurahan Plaranang Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen. Skripsi FIS.

Lee, Richard 1986. Hidrologi Hutan. Gadjah Mada University Press.

Damanhuri, Enri, 1989. Pendekatan Sistem Dalam Pengendalian dan Pengoperasian Sistem Jaringan Distribusi Air Minum, Bandung, Jurusan Teknik Lingkungan FTSP-ITB.

Peavy, Howard.1985, Environmental Engineering, New Delhi, McGraw-Hill Publishing Company Ltd.

Al-Layla, M.Anis et.al.1978. Water Suplay Enginering Design. Ann Arbor Science Publishers Inc. Michingan. USA.

Permenkes RI No. 492/MENKES/PER/IV/2010 tentang persyaratan kualitas air minum.

PT. Triguna Sukses Engineering, Instalasi Pengolahan Air Bersih WTP EnTri-DAF Kapasitas 3x20 liter/detik. 2010.

PDAM Tirta Darma dan Akatirta, Laporan Pelatihan Operator IPA Prapatan Kota Balikpapan . 2015.

Maya Agustini, 2016. Analisis Kebutuhan Air Bersih IPA PDAM (Studi Kasus IPA Batu Ampar Km. 8 Kota Balikpapan).

Published

2017-06-10