ANALISA PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA BIDANG TEKNIK SIPIL DITINJAU DARI MOTIVASI KERJA (STUDI KEGIATAN PEMBANGUNAN GEDUNG RAWAT INAP RSUD H. ANSYARI SALEH BANJARMASIN)

Authors

  • Tezar Aulia Rachman Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
  • Muhammad Gunawan Perdana Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari

Keywords:

Produktivitas, Motivasi Kerja dan Analisa Satuan Pekerjaan

Abstract

Produktivitas adalah sebuah tujuan atau goal yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan baik perusahaan apapun termasuk perusahaan jasa konstruksi pada bidang teknik sipil, banyak hal yang diusahakan oleh suatu perusahaan untuk memaksimalkan peningkatan produktivitasnya melalui tenaga kerja, baik yang berupa sistem pengupahan maupun mengupayakan sarana penunjang semangat kerja lainnya. Sebagai salah satu faktor produktivitas kerja dan sekaligus mereka sebagai manusia, makhluk sosial yang tentunya mempunyai kebutuhan-kebutuhan dan keinginan, dalam melaksanakan pekerjaan didorong oleh beberapa motif atau mempunyai motivasi-motivasi kerja tertentu, keinginan-keinginan dari pekerja diharapkan dapat dipenuhi oleh perusahaan dan sebaliknya perusahaan mengharapkan para tenaga kerja berperilaku dalam bekerja menurut aturan yang telah ditetapkan sesuai dengan bidangnya. Beberapa faktor yang dapat memberikan motivasi kerja antara lain keamanan, keselamatan, jenis pekerjaan, pengupahan, pengawasan, masa depan dan lain sebagainya. Faktor-faktor tersebut di atas diteliti dari setiap tenaga kerja dan dikorelasi dengan acuan produksi kerja masing-masing, sedangkan ukuran dari produktivitas sudah merupakan acuan baku analisa satuan kerja.

References

Barrie, Donald S. & Paulson Boyd. C. Ir., Alih bahasa Sudinarto, Ir., Manajemen Konstruksi Profesional, Cetakan II. Jakarta, 1978.

Djarwanto P.S., dan PangestuSubagyo, Statistik Induksi, Edisi Ketiga. BPFE. Yogyakarta, 1988.

Gibson James L., Ivancevich John M., Donnely James H., diterjemahkan oleh Djakarsih Drs., MPA., Organisasi. Erlangga. Jakarta, 1989.

Hani Handoko, Drs., Manajemen, Cetakan I, Edisi I, BPFE. Yogyakarta, 1984.

Heidjrachman R. Drs., SuadHusnan, MBA., Manajemen Personalia, Edisi Ketiga, BPFE UGM. Yogyakarta: 1985.

Imam Soeharto, Manajemen Proyek. Cetakan I. Erlangga, Jakarta, 1955.

J. Ravianto. Produktivitas Tenaga Kerja Indonesia, Kumpulan kertas kerja, Seri produktivitas II Cetakan III, Lembaga Sarana Informasi Usaha dan Produktivitas, Jakarta, 1987.

–––––––––, Produktivitas dan Manusia Indonesia, Seri Produktivitas III, Penerbit Lembaga Sarana Informasi Usaha dan Produktivitas, Jakarta, 1985.

–––––––––, Sarana dan Pengukuran, Seri Produktivitas, Penerbit Lembaga Sarana Informasi Usaha dan Produktivitas, Jakarta, 1986.

Malayu S.P. Hasibuan H. Drs., Organisasi dan Motivasi, Bumi Aksara, Jakarta, 1986.

Mathias Aroef, Motivasi dan Produktivitas, Suatu pembahasan kamus Indonesia, Produktivitas dan Tenaga Kerja Indonesia, Lembaga Sarana dan Informasi Usaha dan Produktivitas, 1987.

Milton L. Blum dan James C. Taylor, Industrial Psychology Its Theoretical and Social Foundation, New York, 1968.

Moh. As’ad, Drs., Psi. Psikologi Industri, Edisi Revisi, Liberty. Yogyakarta, 1981.

Mudjito, Drs., MA., Kepemimpinan dan Motivasi, Erlangga. Jakarta.

SoeharsonoSangir, disunting oleh J. Ravianto, Motivasi dan Disiplin Kerja Karyawan Untuk Peningkatan Produktivitas Kerja, Produktivitas dan Tenaga Kerja Indonesia, Seri Produktivitas II, Penerbit SIUP, Jakarta.

Stoner, James A. F &Wankel, Charles, Alih bahasa Welhelmus W. Bakawatun, Manajemen, Jilid I, Edisi Ketiga, Intermedia, Jakarta, 1986.

Strauss & Sayles, Manajemen Personalia Segi Manusia dalam Organisasi, Yayasan Kasinius, Yogyakarta, 1985.

Supranto. J, M.A., Statistik Teori dan Aplikasi, Jilid I, Edisi Kelima, Erlangga, Jakarta, 1991.

––––––––––––––, Statistik Teori dan Aplikasi, Jilid II, Edisi Kelima, Erlangga, Jakarta, 1993.

Published

2017-06-10