ANALISIS EFEKTIVITAS KINERJA FLY OVER PADA SIMPANG BERSINYAL GATOT SUBROTO BANJARMASIN

Authors

  • Robiatul Adawiyah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
  • Adhi Surya Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari

Keywords:

KAJI, Geometrik, DS, LoS

Abstract

Simpang Gatot Subroto Banjarmasin merupakan simpang yang strategis karena menghubungkan arus lalu lintas dari dan menuju pusat perekonomian, perkantoran, dan pusat pendidikan. Simpang tersebut rawan terjadinya kemacetan dan kecelakaan karena mempunyai beberapa konflik arus lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kondisi kinerja simpang Gatot Subroto setelah adanya fly over sekarang. Penelitian dilakukan dengan pengambilan data berupa volume arus lalu lintas, kemudian dari data tersebut dilakukan analisis dengan Program KAJI untuk menentukan derajat kejenuhan (DS) dan tingkat pelayanan (LoS) simpang. Dari data hasil survei lalu lintas pada Simpang tersebut dengan program KAJI didapatkan hasil analisis kinerja simpang pada jam sibuk maksimum berupa DS adalah 0.874 dengan LoS adalah B. Dari perhitungan menggunakan KAJI untuk kondisi sekarang setelah adanya fly over maka direncakan dengan 2 fase pada simpang Gatot Subroto Banjarmasin didapat indeks tingkat pelayanan B dimana arus stabil, tetapi kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kondisi lalu lintas, pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan.

References

Direktorat Pembangunan Jalan Perkotaan(1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia(MKJI) 1997. Direktorat Jenderal Bina Marga. Jakarta.

Hudoyo, Rosid(2006). Efisiensi Rencana Fly Over Kalibanteng Kota Semarang Dalam Mengatasi Kemacetan Dari Sisi Pengguna. Tesis Program Pascasarjana Program Studi Teknik Sipil. Universitas Diponegoro. Semarang.

Jotin Khristy, C & Kent Lalll,B (2005). Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi. Erlangga. Jakarta.

L.Hendarsin, Shirley(2000). Perencanaan Teknik Jalan Raya.Nova.Bandung.

Saodang, Hamirhan(2004). Konstruksi Jalan Raya.Nova.Bandung.

Radam.F,Iphan(2008).Rekayasa Lalu Lintas. Universitas Lambung Mangkurat Press.Banjarmasin.

Yusuf, Subhan Riyaldi(2009).Pengaruh Terhubungnya Akses Jalan Darat Melalui Jembatan RK.Ilir Terhadap Lalu Lintas Perkotaan Di Banjarmasin. Skripsi Program Studi Teknik Sipil.Universitas Lambung Mangkurat.Banjarbaru

Published

2017-06-10