Optimalisasi Waktu dan Biaya Menggunakan Time Cost Trade Off Method (TCTO) dan Precedence Diagram Method (PDM) pada Pembangunan Drainase Jalan Tol KM. 35 Balikpapan-Samarinda

Optimization Of Time and Cost With Time Cost Trade Off Method and Precedence Diagram Method On Toll Road Drainage Development KM. 35 Balikpapan-Samarinda

Authors

  • Reno Pratiwi Universitas Balikpapan
  • Mustakim Universitas Balikpapan
  • Clara Annisa Forester Bangabua Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/transukma.v3i1.65

Keywords:

PDM, Precedence Diagram Method, Time Cost Trade Off, TCTO

Abstract

 

Biaya dan waktu merupakan dua hal yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dan kegagalan suatu proyek, untuk itu proyek konstruksi  membutuhkan pengelolaan manajemen yang baik dari awal hingga proyek berakhir. CV. Eureka Teknik Solution adalah salah satu kontraktor proyek pembangunan drainase di Jalan Tol Km. 35 Balikpapan-Samarinda, dengan biaya total dikeluarkan sebesar Rp.2.537.709.000,- dalam jangka waktu 52 hari. Dilihat dari total biaya dan waktu pembangunan drainase ini dapat dilakukan optimalisasi kembali, sehingga dari waktu dan biaya yang optimal proyek dapat diselesaikan lebih cepat dari rencana awal. Maka pada penelitian ini akan dilakukan optimalisasi waktu dan biaya menggunakan metode metode Time Cost Trade Off (TCTO) dan Precedence Diagram Method (PDM). Dimana TCTO akan dilakukan analisa penambahan jam kerja lembur dan penambahan tenaga kerja untuk mendapatkan waktu dan biaya optimal dan PDM akan dilakukan reschedule untuk mendapatkan waktu dan biaya optimal. Setelah TCTO dilakukan analisa diperoleh waktu dan biaya optimal adalah penambahan 3 jam kerja lembur dengan durasi 36 hari dan biaya Rp.2.445.367.975 dan PDM diperoleh durasi 36 hari dengan biaya Rp.2.502.329.567. TCTO adalah metode yang lebih optimal dengan penambahan 3 jam kerja (lembur) dengan durasi 36 hari kerja dan biaya sebesar Rp.2.445.367.975.

Kata Kunci : Time Cost Trade Off, TCTO, Precedence Diagram Method, PDM

 

Cost and time are two things that greatly affect the success and failure of a project, for that the construction project requires good management from the beginning to the end of the project. CV. Eureka Teknik Solution is one of the drainage construction contract projects on Toll Road Km. 35 Balikpapan-Samarinda, with a total cost of Rp. 2.537.709.000 within 52 days. Judging from the total cost and time of drainage construction, optimization can be
done again, so that from the optimal time and cost the project can be completed sooner than originally planned. So in this research time and cost optimization will be done using the Time Cost Trade Off (TCTO) method and the Precedence Diagram (PDM) method. Where TCTO will be analyzed by adding overtime hours and additional workforce to get optimal time and cost and PDM will be rescheduled to get optimal time and cost. After the TCTO analysis optimal time and cost were obtained, the addition of 3 hours overtime with a duration of 36 days and a cost of Rp.2.445.367.975 and PDM obtained 36 days duration at a cost of Rp.2.502.329.567. TCTO is a more optimal method with the addition of 3 working hours (overtime) with a duration of 36 working days and costs Rp.2.445.367.975.

Keywords : Time Cost Trade Off, TCTO, Precedence Diagram Method, PDM

Author Biographies

Reno Pratiwi, Universitas Balikpapan

Prodi Teknik Sipil Universitas Balikpapan

Mustakim, Universitas Balikpapan

Prodi Teknik Sipil Universitas Balikpapan

References

A. F. Sifa, Rencana Anggaran Biaya (RAB), 2015.
A. Nurdianto, Metode Pekerjaan Pelaksanaan Pembuatan Drainase, 2017.
Buluatie dan Nurhadinata, Optimalisasi Waktu dan Biaya Dengan Menggunakan Metode Time Cost Trade Off Pada Proyek Revitalisasi Gedung BPS Kota Gorontalo, 2014.
D. S. Krisnayanti, Perencanaan Drainase Kota Seba, 2017.
H. P. Joshua, S. Mochtar dan I. L. Revo, Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Konstruksi Pada Pengerjaan Pemasangan Lantai Keramik dan Pelesteran Dinding dengan Menggunaka Metode Work Sampling, 2017.
M. Priyo dan M. R. Aulia, Semesta Teknika, 2015.
M. Rey, Analisis Koefisien Pekerja Pada Harga Satuan Pembesian Di Yogyakarta, 2011.
Muliyadi, Penjadwalan Ulang Proyek Konstruksi Dengan Menggunakan Preseden Diagram Method (PDM), 2016.
Pudjo Noer Pratama, Edi Haryono, dan Mochammad Choirul Rizal. Optimasi dan Penyusunan Ulang Schedule Proyek Pembangunan Pipa Gas Grissik – Pusri Dengan
Menggunakan Metode Precedence Diagram Method–Time Cost Trade Off. Proceeding 3rd Conference of Piping Engineering and its Application. Program Studi D4 Teknik Perpipaan – Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.
Rahman Abdullah, Andi Maddeppungeng, dan Azhara Yudha Pradipta. Optimalisasi Waktu dan Biaya dengan Project Crashing dan Tahapan Deterministik Least Cost Scheduling (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Pabrik Pipa Baja Tanpa Kampuh (Seamless Steel Pipe) PT. Artas Energi Petrogas, Cilegon). Jurnal Fondasi Volume 5 Nomor 1 April 2017. ISSN: 2302-49-76. Jurusan Teknik Sipil Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2017.
S. D. Praja, Produk Drainase Jalan Tol di Indonesia, 2015
Soemardi W. Biemo dan Kusumawardani G. Rani, Studi Praktek Estimasi Biaya Tidak Langsung Pada Proyek Konstruksi, 2010.
V. R. Meilani, Perencanaan Sistem Saluran Drainase Bagian Luar Underpass Patal-Pusri Palembang, 2014.

Downloads

Published

2020-12-22