Kajian Percepatan Proyek dengan Metode Time Cost Trade Off pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi V

Acceleration of Project Using the Time Cost Trade off Method Assessment in Balikpapan-Samarinda Toll Road Development Project, Section V

Authors

  • Rida Respati Universitas Muhammadiyah Palangka Raya
  • Agus Sugianto Universitas Balikpapan
  • Wisnu Bagus Santoso Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/transukma.v3i2.81

Keywords:

Time Cost Trade Off, Percepatan Proyek, Penambahan Jam Lembur, Kapasitas Alat, PDM, Project Acceleration, addition of Overtime Hours, Capacity Tool

Abstract

Proyek adalah sebuah kegiatan yang bersifat sementara yang telah ditetapkan awal pekerjaannya dan waktu selesainya. Proyek pembangunan Ruas Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi V dimulai dari KM 13-Manggar dengan panjang 10,9 km ini dipilih sebagai objek penelitian. Metode yang dapat digunakan untuk mempercepat durasi proyek adalah metode time cost trade off. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbandingan antara biaya dan waktu sebelum dan sesudah penerapan time cost trade off dan mengetahui besar biaya dan waktu optimum menggunakan metode time cost trade off. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan percepatan menggunakan alternatif penambahan jam kerja lembur, diperoleh biaya optimum sebesar Rp853.423.789.864,55 dan waktu optimum 414 hari dengan efisiensi biaya proyek 0,47% dan efisiensi waktu proyek 55,48%, Sedangkan percepatan menggunakan alternatif penambahan jumlah alat berat, diperoleh biaya optimum sebesar Rp858.865.629.963,50 dan waktu optimum 496 hari dengan efisiensi biaya proyek 0,17% dan efisiensi waktu proyek 46,67%.

 

A project is a temporary activity that has been set early work and completion time. Toll road construction project Balikpapan-Samarinda Section V starts from KM 13-manggar with a length of 10.9 km was selected as the research object. The method can be used to speed up the duration of the project is the method of time cost trade off. The purpose of this study was to determine the ratio between the cost and the time before and after the implementation time cost trade off and find out the cost and time of optimum uses time cost trade off. The results showed that after the addition of acceleration using the alternate hours of overtime work, obtained the optimum cost Rp853.423.789.864,55 and optimum time of 414 days with 0.47% project cost efficiency and time efficiency of 55.48% project, While the acceleration using the alternate addition of heavy equipment, obtained the optimum cost Rp858.865.629.963,50 and optimum time of 496 days with 0.17% project cost efficiency and time efficiency of 46.67% project.

Author Biography

Agus Sugianto, Universitas Balikpapan

Prodi Teknik Sipil Universitas Balikpapan

References

Abrar Husen. 2009. Manajemen Proyek. Andi: Yogyakarta.

Ariany Frederika. 2010. Analisis Percepatan Pelaksanaan dengan Menambah Jam Kerja Optimum pada Proyek Konstruksi. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 14(2).

Bachtiar Ibrahim. 2001. Rencana dan Estimate Real of Cost. Bumi Aksara: Jakarta.

Eddy Harjanto. 2003. Sains Manajemen: Analisis Kuantitatif Untuk Pengambilan Keputusan. Grasindo: Jakarta.

Iman Soeharto. 1995. Manajemen Proyek dari konspetual sampai Operasional. Erlangga: Jakarta.

Irna Hendriyani, Reno Pratiwi, dan Nour Qadri. 2020. Optimasi Waktu Dan Biaya Pada Pelaksanaan Proyek Peningkatan Jalan Bina Bakti Kelurahan Gunung Seteleng Kabupaten Penajam Paser Utara Dengan Metode Time Cost Trade Off (TCTO). Jurnal Transukma Volume 3 Nomor 1 Tahun 2020. Prodi Teknik Sipil Universitas Balikpapan. URL https://transukma.uniba-bpn.ac.id/index.php/transukma/article/view/72

Luthan dan Syafriandi. 2006. Aplikasi Microsoft Project untuk Penjadwalan Kerja Proyek Teknik Sipil. CV. Andi Offset: Yogyakarta.

Mahendra Sultan Syah. 2004. Manajemen Proyek: Kiat Sukses Mengelola Proyek. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta, 2004.

Nurhayati. 2010. Manajemen Proyek. Graha Ilmu: Yogyakarta. Reno Pratiwi, Mustakim dan

Clara Annisa Forester Bangabua. 2020. Optimalisasi Waktu dan Biaya Menggunakan Time Cost Trade Off Method (TCTO) dan Precedence Diagram Method (PDM) pada Pembangunan Drainase Jalan Tol KM. 35 Balikpapan-Samarinda. Jurnal Transukma Volume 3 Nomor 1 Tahun 2020. Prodi Teknik Sipil Universitas Balikpapan. URL https://transukma.uniba-bpn.ac.id/index.php/transukma/article/view/65

Sofwan Badri. 1997. Dasar-Dasar Network Planning. Rineka Cipta: Jakarta.

Wulfram I Ervianto. 2002. Manajemen Proyek Konstruksi. CV. Andi Offset: Yogyakarta.

Downloads

Published

2021-06-21